Mie "Lethek" Desa Nengahan



©zahirulalwan

Mungkin diantara kita sudah pernah merasakan mie lethek tetapi belum pernah melihat proses pembuatan mie lethek tersebut.


Mie lethek adalah salah satu kuliner dari Bantul yang berbahan tepung tapioka dan diproduksi dengan cara yang masih tradisional. Jenis kuliner ini sangat unik karena memiliki warna yang kusam kecoklatan  sehingga tampak kurang menarik, karena warna keruhnya itulah mie ini disebut dengan Mie Lethek.

Salah satu Pabrik mie lethek Margo Mulyo cap “Busur Panah” yang terletak di desa Nengahan, Kecamatan Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Telah berdiri sejak tahun 1940-an sampai saat ini sudah memasuki beberapa generasi, sempat fakum karena tidak ada generasi penerusnya, sekitar awal tahun 2000-an produksi dilanjutkan kembali.

Alat yang digunakan untuk menggiling adonan mie-nya pun masih tradisional berupa batu berbentuk lingkaran yang beratnya sekitar satu ton. Yang unik dari pembuatan mie ini adalah digiling dengan ditarik menggunakan tenaga sapi, dan setelah itu dimasukan ke dalam oven berbahan bakar kayu.

Sekitar 35 karyawannya kebanyakan asli warga desa Nengahan, Bantul, mereka menggantungkan hidupnya sebagai pembuat mie lethek (lethek dalam bahasa Jawa berarti kusam).

Lethek dalam bahasa Jawa yang berarti kusam, karena tampilan mie ini saat dikonsumsi sudah berwarna kusam, meski demikian mie yang terbuat dari bahan tepung tapioka dan dijamin tidak ada campuran bahan pengawet sedikitpun.

Get the flash player here: http://www.adobe.com/flashplayer

3 komentar:

HeruLS mengatakan...

Aku belum pernah makaaan, huaaa
Tapi keliatannya tidak enak sih.
Kecuali nanti dikasih bumbu, bawang, pedas, sedikit berkuah, sambal kecap, potongan daging ayam kampung, telur bebek, baruuu, hihi

fadly halim mengatakan...

foto dan narasinya menarik, bro.. tapi, saya pribadi, ketika melihat fotonya, ada sapi di samping kuali, ada pekerja dan tangan2 yg sdg membuat mie tsb, membuat saya jadi "enggan" memakan mie tsb... apa bro ada berpikir ke sana? :)

Unknown mengatakan...

Mengulik proses mie lethek ditempat mas feri desa bendo serandakan bantul para tetamu dari belanda antusias melihat proses pembuatan dari bahan alami dan traditional.. ketiga itu beli mie lethek yg sudah siap masak . Saya bawa pulang untuk dimasak cooking class bersama dengan para
tetamu dari belanda di homestay saya. Bersarkan wisata kuliner tradisional.